Friday, July 1, 2011

Triks Mengganti Tampilan Log On Windows XP


Kalau kamu menggunakan sistem operasi Windows XP, terkadang bosan juga bukan? menggunakan tampilan Log On default bawaan Windows XP yang itu-itu saja ( dengan background biru dan ada tulisan Windows XP )

Nah, sekarang kita coba mengganti tampilan Log On tersebut dengan tampilan Log On lain yang lebih kita sukai atau lebih oke menurut selera kita masing-masing ya! Untuk file source yang dipakai ( macam-macam tampilan Log On untuk Windows XP ) bisa refer ke website seperti : Customize.org atau Themexp.org. Berikut ada 2 ( dua ) cara yang bisa dipakai untuk mengganti tampilan Log On di Windows XP tersebut :

    * Cara 1 ( pertama ) : dengan cara mengganti file logonui.exe yang terletak di folder C:\Windows\System32 dengan file logonui.exe yang lain ( atau sudah dimodifikasi ). Cara menggantinya harus dalam keadaan Windows XP dengan status Save Mode. Karena jika tidak dalam keadaan Save Mode maka file logonui.exe yang akan kita copy-kan tidak akan bisa di-running ( dengan kata lain, file logonui.exe default bawaan Windows XP yang tetap akan tampil ).

    * Cara 2 ( kedua ) : dengan membuat script registry ( *.reg ) dengan menggunakan Notepad atau editor lain dengan menuliskan registry sebagai berikut :

File Register_LogonUI.reg ( untuk mengubah tampilan logonui.exe ) :

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon]
“UIHost”=”%windir%\\Resources\\LogonUI\\LogonUI.exe”

File Restore_LogonUI.reg ( untuk mengembalikan tampilan logonui.exe default ) :

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon]
“UIHost”=”logonui.exe”

Keterangan :

Jangan lupa script registry yang dibuat, untuk mengubah tampilan Log On Windows XP harus disesuaikan dengan letak file logonui.exe yang akan dipakai. Pada script registry di atas, gw membuatnya di folder C:\Windows\Resources\LogonUI dengan nama file LogonUI.exe

Nah, ngga begitu sukar bukan? So… selamat modding tampilan Log On Windows XP di PC atau Laptop kamu dech! ;)

No comments:

Post a Comment